Komponen Mesin Bensin II

Sambungan dari Komponen Mesin Bensin I

KEPALA SILINDER / Cylinder Head

 
1. Konstruksi
Kepala silinder ditempatkan / dipasangkan di bagian atas silinder blok dengan cara dibaut menggunakan baut cylinder head dan dijamin oleh gasket kepala silinder. Mekanisme yang biasa diletakkan di kepala silinder antara lain : mekanisme katup, cam shaft, thermostat dan lain lain. Pada kepala silinder juga dilengkapi dengan saluran air pendingin (water jacket) yang meradiasi panas dari  mesin, berfungsi juga mendinginkan mekanisme katup dan busi. Bahan yang biasa digunakan adalah besi tuang, namun seperti blok silinder, kepala silinder telah banyak menggunakan paduan alumunium yang lebih ringan dan memiliki tingkat radiasi panas yang lebih baik.

Kepala silinder harus tahan terhadap temperatur dan tekanan yang tinggi. Kerusakan pada cylinder head biasa terjadi karena overheating dan kesalahan penanganan saat mesin overheat. (baca : Tips Ketika Mesin Mobil Overheat)

2. Jenis Ruang Bakar
Pada mesin bensin ruang bakar / combustion chamber diletakan pada cylinder head, sedangkan pada mesin diesel direct injection ruang bakar diletakkan pada piston (baca : Diesel Engine Combustion Chamber).

a. Ruang bakar model Setengah Bulat (Hemispherical Combustion Cahmaber)
Mempunyai efisiensi panas yang tinggi dibanding model lain karena permukaannya yang kecil sehingga panas yang terbuang sedikit . Efisiensi pemasukan dan pembuangan lebih sempurna. Namun memiliki konstruksi mekanisme katup yang agak rumit.








b. Ruang bakar Model Baji ( Wedge type combustion chamber)
Type ini juga memiliki efisiensi panas yang baik seperti type setengah bulat.  Konstruksi mekanisme katup lebih sederhana dibanding type setengah bulat.









c. Ruang bakar model Bak Mandi ( Bathtup type combustion chamber)
Model ini konstruksinya paling sederhana dibanding jenis lain, namun memiliki kelemahan efisiensi pemasukan dan pembuangan yang disebabkan oleh diameter katup yang kecil.








d. Ruang Bakar Model Pent Roof
Pada jenis ini, terdapat lebih dari 2 katup disetiap silinder. di sebut model pent roof karena membentuk segi empat abik tegak atau mendatar. Bila dihubungkan ke titik pusat akan menyerupai atap bangunan. Model ini selain memberikan efek semburan yang lebih baik dan lebih cepat terbakar juga penempatan businya ditengah tengah ruang bakar.






GASKET KEPALA SILINDER / Cylinder Head Gasket.
Terletak diantar cylinder block dan cylinder head yang berfungsi mencegah kebocoran kompresi, air pendingin dan oli. Gasket silinder head harus memiliki ketahanan panas dan tekanan pada setiap perubahan temperatur. Umumnya gasket cylinder head terbuat dari carbon clad sheet steel (gabungan karbon dengan lempengan baja).



Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Komponen Mesin Bensin II"

Darus said...

Blog yg bermanfaat ni..