Mencegah Kerusakan Dini CV Joint
CV joint atau birfield joint adalah komponen drive shaft yang biasa digunakan untuk mobil dengan penggerak depan (FWD = Front Whell Drive) ex: All Sedan, ataupun penggerak belakang yang menggunakan type suspensi independent ex: CRV. Drive shaft sendiri berfungsi meneruskan putaran dari differential (gardan) ke roda penggerak. Sudut joint dan jarak antara differential dengan roda akan berubah sesuai dengan perubahan sudut antara body kendaraan terhadap permukaan jalan selama bergerak.
Untuk itulah digunakan kombinasi Fixed constant velocity joint dan slideable constant velocity joint.
Birfield Joint |
Kebanyakan mobil sedan menggunakan dua type Constant velocity joint, TRIPOD JOINT yang digunakan pada sisi differential dan BIRFIELD JOINT (CV Joint) yang digunakan pada sisi roda.
Perbedaan antara Tripod Joint dan Birfield Joint adalah pada roller ballnya. Tripod joint mempunyai tiga roller dengan bentuk yang sederhana sedangkan birfield joint mempunyai beberapa steel ball.
Baik Tripod joint maupun Birfield joint memerlukan pelumasan agar dapat bekerja dengan baik, dan system pelumas yang di pakai adalah menggunakan grease bearing. Masing masing dari joint tersebut di tutup dengan boot penutup yang menjamin supaya grease pelumas tidak keluar dan kotoran tidak masuk ke dalam.
Kerusakan dini pada CV joint terjadi akibat rusaknya boot penutup sehingga grease pelumas habis meleleh keluar dan kotoran seperti debu masuk dan merusak roller ball. Akibatnya roller ball macet dan seringkali rumah roller pecah.
Bagi para pemilik mobil sedan yang mungkin usianya agak tua silahkan periksa boot penutup CV joint dan segera ganti jika rusak. Gantilah grease pelumas CV joint untuk mencegah kerusakan dini pada cv joint.
Untuk perbaikan dan perawatan CV joint sepertinya tidak bisa dilakukan sendiri, kecuali anda mempunyai tools yang lengkap. Segera datang ke bengkel mobil langganan anda jika ada kerusakan pada CV joint.
0 Response to "Mencegah Kerusakan Dini CV Joint"
Post a Comment