Klasifikasi Motor Bakar/Thermal Engine

Klasifikasi Motor Bakar/Thermal Engine 
Mesin adalah alat yang merubah sumber tenaga (panas, listrik, air, angin, tenaga Atom, dll) menjadi tenaga Mekanik. Mesin yang merubah energy panas dari hasil pembakaran menjadi tenaga mekanik disebut Motor Bakar (Thermal Engine). Motor bakar dapat diklasifikasikan sebagai berikut :
thermal engine
Thermal Engine
Mesin yang sering digunakan pada industry otomotif sebagai penggerak mobil adalah
type Internal Combustion engine Reciprocating Type. Di sebut reciprocating karena terdapat mekanisme yang merubah gerak naik turun (piston) menjadi gerak putaran yaitu Crank Shaft. Meskipun demikian, ada juga produsen pembuat mobil yang mengembangkan teknologi mesin rotary seperty merk Mazda.

Mesin yang digunakan pada mobil harus kompak, ringan, dan mudah ditempatkan. Tenaga yang dihasilkan harus besar , mudah dalam pengoperasian dan sedikit bunyi serta getaran yang ditimbulkan. Para enginer terus berusaha mengembangkan teknologi Internal combustion engine supaya menghasilkan efisiensi yang besar dan sedikit sedikit polusi dari gas buang.

Perlu diketahui bahwa Efisiensi pada internal combustion engine hanyalah 25%-30% pada mesin bensin dan 30-38% pada mesin diesel. Untuk itu para enginer terus mengembangkan Internal combustion engine supaya memiliki efisiensi yang bagus, seperti pengembangan Gasoline Direct Injection, Electronic Fuel Injection, VVTI, HCCI Engine, Common rail, High pressure fuel Injector, dan lain sebagainya. Hal itu bertujuan meningkatkan efisiensi pembakaran.

Subscribe to receive free email updates:

4 Responses to "Klasifikasi Motor Bakar/Thermal Engine"

Darmawan Saputra said...

artikelnya bagus , sangat serasi sekali dengan tampilan blog ini.

INDRO PRAMONO said...

salam teknik mesin,,,
sekedar berbagi ilmu disini ya gan,,
http://allme09.blogspot.com/

Eko Budi Santoso said...

Wahh Manteb artikelnya . Blog nya juga rapih . Semoga adminnya mau Follow, Berkomentar dan Tukeran link dengan Blog sederhana saya --> http://share4rt.blogspot.com/

Pasti deh saya Folback

Semoga saja mau :)

Liena Yuningrat said...

thanks for all, dah ku follow semua ya...