Tips Merawat Kendaraan Bermotor I (Harian)

Setiap kendaraan bermotor baik itu mobil maupun motor yang dikeluarkan oleh pabrik (ATPM), pasti  dilengkapi dengan buku pedoman pemilik kendaraan. Buku ini antara lain berisikan cara pengoperasian, cara merawat, dan sedikit tentang cara mengatasi gangguan pada kendaraan. Sayangnya, tidak semua pemilik kendaraan mau membaca dengan teliti buku tersebut, dan tidak sedikit pula yang membeli kendaraan bekas yang tidak dilengkapi dengan buku tersebut. Padahal dengan adanya buku tersebut pihak ATPM telah memberikan pedoman yang sifatnya membantu pemilik kendaraan dalam hal pengoperasian dan perawatan supaya kendaraan yang dimiliki dapat berfungsi dengan maksimal, bebas dari gangguan, dan awet.

Bagi anda yang menginginkan kendaraan anda dapat berfungsi dengan baik, bebas dari gangguan dan tentunya awet, berikut aditya motor memberikan sedikit tips merawat kendaraan anda.



Sebelum menghidupkan mesin dipagi hari sempatkan membuka <!–more–>kap mesin dan memeriksa bagian-bagian dibawah ini :
- Oli mesin. Periksa jumlah oli mesin melalui stick oli, dan pastikan bahwa jumlahnya pas, tidak kurang dan tidak lebih digaris maksimal.
- Air radiator. Periksa air radiator secara visual melalui tabung reservoir (tabung air radiator), tidak perlu membuka tutup radiator. Pastikan bahwa jumlah air di dalam tabung cukup. Beberapa kendaraan dilengkapi dengan stick pengukur air radiator.
- Minyak Rem dan kopling. Pastikan jumlah minyak rem didalam reservoir berada di garis maksimal. Beberapa kendaraan dilengkapi dengan 2 tabung reservoir, satu untuk rem dan satu lagi untuk kopling, pastikan keduanya terisi minyak rem sampai garis maksimal.
- Fan belt. Pemeriksaan Fan belt atau biasa disebut V-belt, dapat dilakukan secara visual dengan melihat kondisi V-belt apakah ada "retakan" atau kelainan lain. Dengan menggunakan jari jempol, tekan V-belt dan pastikan bahwa kekencangannya cukup dan tidak kendor. Periksa semua V-belt untuk mobil yang dilengkapi dengan lebih dari satu V-belt.
- Air Accu. Jumlah air accu dapat dilihat secar visual dengan sedikit menggoyangkan accu, dan pastikan jumlah air accu cukup pada semua element.
- Periksa kondisi mesin secara keseluruhan dengan visual seperti kebocoran oli, air dan bahan bakar, kekencangan kabel busi dan lain lain, pastikan bahwa tidak ada kelainan.
- Periksa Ban secara visual meliputi tekanan angin ban, dan baut roda. Sering kami mendapati pasien yang mengeluh adanya kelainan suara di bagian belakang saat kendaraan melaju pelan, hal tersebut dikarenakan baut roda belakang kendor.

Setelah point diatas diperiksa dengan baik sebelum menghidupkan mesin dengan posisi kunci kontan "ON" pastikan control lamp seperti Oli, CHG dan Brake menyala. Untuk kendaraan yang dilengkapi dengan ECU pastikan bahwa lampu kontrol engine menyala. Start mesin dan pastikan bahwa semua lampu-lampu tersebut padam, kecuali lampu hand brake. Jika salah satu control lamp dari lampu Engine, lampu oli atau lampu chg menyala, segera matikan mesin, dan cari penyebab lampu kontrol tersebut menyala.

Pastikan semua point-point diatas anda lakukan setiap pagi sebelum menghidupkan mesin. Demikian tips harian merawat kendaraan yang insyaallah akan kami sambung dengan postingan berikutnya tentang perawatan mingguan.

Kami persilahkan menambah masukan melalui comentar yang insyaallah akan kami tambahkan kedalam artikel diatas.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Merawat Kendaraan Bermotor I (Harian)"