Tips Menerjang Banjir

Sebentar lagi akan datang musim penghujan, hal yang harus disyukuri setelah musim kemarau. Bagi sebagian orang mungkin datangnya musim penghujan membuat gelisah, apalagi di daerah-daerah yang rawan banjir. Untuk itu kami berikan sedikit tips berkendara menerjang banjir yang aman supaya banjir tidak menjadi penghalang rutinitas / kesibukan anda.

Berikut ini kami sampaikan tips aman berkendara menerjang banjir :
  • Terlebih dahulu perkirakan dan atau periksa kedalaman genangan air yang akan kita lewati. Setiap jenis mobil tentu berbeda kemampuannya dalam hal melewati genangan air. Untuk kendaraan jenis sedan tentu paling minim kemampuan dalam hal ini, berbeda dengan jenis kendaraan SUV dan MPV. Namun hal yang penting diperhatikan adalah perkirakan ketinggian genangan air tidak melebihi tinggi mesin, jika diatas itu, jangan paksakan kendaraan anda melintas. Perkiraan ketinggian mesin adalah sebatas Head Lamp mobil anda untuk kendaraan sedan dan SUV. Paling aman lagi adalah sebatas ban, don't worry abaut knalpot, selama mesin tetap hidup air tidakakan masuk ke mesin melalui knalpot.
  • Lepaskan selang hawa pada intake manifold yang menuju filter udara, lepaskan juga filter udara dan simpan didalam mobil. Pada beberapa kendaraan, saluran udara masuk dari filter udara berada jauh lebih rendah dari posisi mesin, melewati genangan air yang tinggi akan mengakibatkan air tersedot masuk kedalam mesin melalui filter udara. Beberapa kendaraan sudah dilengkapi dengan Water Duct, namun hal itu tidak membantu jika genangan air terlalu tinggi.Untuk kendaraan yang sudah dilengkapi EFI/ECU, cukup membuka tutup filter udara dan membalikanya sehigga menghadap keatas.
  • Usahakan kendaraan jalan satu persatu saat melewati banjir. Percikan air ataupun gelombang air akibat kendaraan lain dapat merubah ketinggian air melebihi perkiraan.
  • Kendarai mobil anda dengan gigi rendah 1 atau 2, usahakan RPM mesin tinggi diatas 2000 RPM. Jika terpaksa berhenti ditengah genangan, usahakan RPM tetap tinggi dengan jalan menginjak pedal kopling .Usahakan untuk tidak pindah gigi saat melewati genangan, tetaplah di gigi 1 atau 2 dengan RPM tetap tinggi.
  • Setelah melewati banjir, pasang kembali Selang udara / tutup filter udara seperti semula.
  • Jangan mencoba men starter / menghidupkan mesin !!!! Dorong / derek kendaraan anda melewati banjir. Periksa apakah rumah filter udara dan selang udara masuk basah. Untuk mobil bensin, cabut kabel busi dan busi, starter mesin 2-3 kali untuk mengeluarkan kemungkinan adanya air yang masuk ke mesin. Periksa distributor (delco) dan bersihkan dari air.
  • Untuk mobil Diesel. Kemungkinan mogok karena air pada mesin diesel sangat kecil, kecuali pada mesin diesel common rail, itupun terbatas pada konsleting electrical, Namun jika terjadi mesin mati mendadak karena air terhisap mesin, periksa seperti point diatas. Repotnya harus membuka Nozzle dan harus dilakukan oleh bengkel mobil diesel.
PERHATIAN !!!
Air yang terhisap masuk ke mesin dapat mengakibatkan Water Hammer, yang berakibat kerusakan parah pada mesin mobil, jangan menstarter / mencoba menghidupkan mesin jika mesin mobil anda mati mendadak ditengah genangan air.


Melewati genangan air untuk mobil-mobil MPV dengan mesin ditengah, seperti Daihatsu Grand Max, Esspas ataupun zebra sangat riskan, kemungkinan mogok sangat besar yang disebabkan posisi distributor (delco) berada dibawah.

Untuk mobil Matic tidak disarankan melewati genangan yang terlalu tinggi, disamping tidak bisa mengontrol RPM mesin tetap tinggi, komponen transmisi matic sangat rawan terhadap air.

    Subscribe to receive free email updates:

    0 Response to "Tips Menerjang Banjir"