Suzuki Jimny Oli Campur Air

Sedikit lama tidak posting tentang mobil karena sibuk dengan Investasi Gaharu dan bisnis ayam kalkun. Pada kesempatan ini, saya ingin berbagi pengalaman tentang kerusakan mesin pada mobil tua, Suzuki Jimny 82 yang masih banyak memiliki penggemar tersendiri.

Keluhan Pelanggan :
Customer melaporkan mobilnya tiba-tiba mati dan mesin "mbrebet" ditambah permintaan pelanggan yang biasanya hanya kotor di filter bensinnya saja.

Diagnosa :
Setelah kami periksa dan bersihkan kembali filter bensin, mesin dapat dihidupkan. Namaun tidak berapa lama mesin mbrebet kembali. Iseng-iseng mengecek air radiator dan ternyata kondisi air radiator bercampur oli, kami mencoba mengisi air radiator namun tidak juga penuh dan mesin semakin mbrebet. Setelah membuka filter udara di ketahui bahwa air campur oli masuk melalui PCV valve atau lubang pernafasan oli yang ada di tutup klep. Dengan final result bahwa air radiator masuk ke saluran oli.

Semula kami mendiagnosa bahwa telah terjadi kasus kerusakan pada cylinder head atau paking cylinder head yang disebabkan engine overheat yang mengakibatkan masuknya air melalui celah cylinder head dengan block karena cylinder head melengkung (seperti pada kasus kijang innova). Namun setelah memeriksa kerataan cylinder head ternyata masih dalam spesifikasi normal. Kemudia kami tes dengan memasukkan air ke dalam saluran air pada cylinder head, dan ternyata air mengalir keluar dari salurannya melalui water plug yang berlubang karena korosi.

Kerusakan :
Letak water plug sendiri berada di bawah camshaft sehingga tidak akan terlihat tanpa membuka camshaft terlebih dahulu. Jumlah water plug dalam satu cylinder head ada 4 (pada mesin Suzuki Jimny). Penggantian water plug kami serahkan ke tukang bubut untuk memperoleh hasil yang maksimal.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Suzuki Jimny Oli Campur Air"