Tips Mengatasi Kehabisan Minyak Rem (Rem Blong)

Rem (Brake) pada kendaraan adalah komponen utama faktor keselamatan, tanpa Rem kendaraan tidak bisa dihentikan. 90% kecelakaan di jalan raya adalah akibat sistem rem yang tidak berfungsi dengan baik. Kegagalan pada sistem rem mengakibatkan rem blong dan tidak bisa menghentikan lajunya kendaraan.

Sistem rem pada kendaraan khususnya mobil (passanger car) menggunakan system mekanis hydraulis, dimana tenaga injakan kaki  pada pedal rem diteruskan ke master rem yang meneruskan tenaga ke wheell cylinder melalui perantara minyak rem (Brake Fluid).


Pada tips kali ini, Aditya Motor memfokuskan pada Minyak Rem (Brake Fluid) yang bisa berkurang atau habis yang biasanya di sebabkan adanya kebocoran pada system rem.
Kebocoran minyak rem bisa saja terjadi pada salah satu komponen system rem seperti master rem, wheell cyliners, selang rem dan lain sebagainya. Jika minyak rem pada tabung reservoir habis maka akan terjadi kegagalan pengereman ("nyeplos") yang berakibat rem "blong". Untuk menghindari hal tersebut selalu periksa minyak rem pada reservoir seperti telah dijelaskan pada Tips Merawat Kendaraan.

Meskipun demikian kebocoran pada system rem bisa terjadi kapan saja dan di mana saja. Jika pada  suatu saat terjadi kehabisan minyak rem sedangkan posisi anda jauh dari bengkel ataupun toko penyedia minyak rem, atau bahkan anda berkendara di malam hari sedangkan tidak ada stock minyak rem di mobil maka lakukan tips berikut.
  • Tepikan kendaraan anda, jangan menginjak-injak pedal rem berulang-ulang.
  • Buatlah Air teh panas dan kental tanpa gula (bukan untuk diminum) dan tunggu sampai dingin. Pastikan anda menyaringnya terlebih dahulu sebelum dimasukan ke reservoir sebagai pengganti sementara minyak rem.
  • Masukan air teh yang telah dingin ke reservoir, injak berulang-ulang pedal rem sampai terasa keras.
  • Periksa dimana letak kebocoran minyak rem, jika anda bisa mengatasi untuk sementara seperti jika kebocoran dari selang rem anda bisa mengikatnya terlebih dahulu, tapi jika tidak bisa anda atasi perkirakan parahnya kebocoran sehingga anda bisa memperkirakan jarak tempuh atau berapa kali pengereman untuk menghabiskan air teh dalam reservoir.
  • Anda bisa melanjutkan perjalanan dengan hati-hati. Periksa kembali jumlah air teh didalam reservoir dan jangan sampai kehabisan.
  • Gunakan bantuan rem tangan (Hand Brake) untuk membatu pengereman.
Kenapa dengan air teh ? atau mengapa tidak air saja ? Minyak rem memiliki standar kekentalan (DOT), dan air teh yang kental hampir menyamai standar minyak rem. Selain air teh air kelapa juga memiliki sifat yang hampir sama dengan minyak rem dan bisa digunakan sebagai pengganti sementara. Meskipun demikian titik didih air teh maupun air kelapa jauh dibawah minyak rem.

Segera setelah menemukan bengkel mobil, perbaiki kerusakan/kebocoran pada system rem, dan mintalah pada pihak bengkel untuk menguras bersih air teh dalam system rem.

Demikian Tips mengatasi kehabisan minyak rem dalam perjalanan anda, ingat bahwa air teh ataupun air kelapa hanya pengganti sementara pada saat urgent dimana minyak rem tidak bisa di dapat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Mengatasi Kehabisan Minyak Rem (Rem Blong)"